cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gut.windarsih@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
ISSN : 20861362     EISSN : 26232685     DOI : -
Core Subject : Education,
ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021" : 7 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas III MIN 11 Aceh Tengah Nova Sari; Nida Jarmita; Zikra Hayati
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.4677

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar guru yang sudah menggaplikasikan media pembelajaran seperti power point dan LKPD akan tetapi masih belum maksimal. Hal ini menyebabkan kurangnya minat belajar siswa khususnya pada matematika, mereka menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada materi operasi hitung bilangan cacah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Hasil validasi terhadap media diperoleh skor 88% dan hasil validasi materi diperoleh skor 92% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan hasil respon guru diperoleh skor 100% dan hasil respon siswa diperoleh skor 96,6% dengan kriteria “sangat menarik”. Dengan demikian media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada materi operasi hitung bilangan cacah sangat layak untuk digunakan di kelas III MIN 11 Aceh Tengah.
PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN DESAIN PEDATI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PROGRAM STUDI PGSD Eka Nurul Mualimah; Usmaedi Usmaedi; Aan Subhan Pamungkas; Puji Siswanto; Elih Solihatulmilah
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.5190

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang sangat cepat, dan mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terpengaruh adalah aspek pendidikan. Pendidikan saat ini harus mampu mengintegrasikan dengan kemajuan IPTEK tersebut, hal ini merupakan dinamika yang tidak bisa dihindarkan. Selain itu dengan mewabahnya virus covid-19 ini menuntut manusia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, salah satunya adalah proses pembelajaran yang awalnya menggunakan sistem tatap muka di kelas, beralih ke sistem tatap maya atau belajar di rumah masing-masing yang dikenal dengan learning from home (LFH). Untuk menunjang kegiatan LFH tersebut guru dan siswa perlu disiapkan sebuah platform pembelajaran yang dapat mengakomodir kegiatan guru dan siswa secara daring (online). Paltform pembelajaran yang dimaksud adalah Learning Management System (LMS). Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LMS bagi mahasiswa dengan mengkombinasikan aktivitas syncronous atau asyncronous. Kombinasi kedua aktivitas tersebut mengacu pada prinsip PEDATI (Pelajari, Dalami, Terapkan dan Evaluasi). Pengembangan LMS dengan prinsip PEDATI dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Berdasarkan uji ahli media pembelajaran dan uji ahli Pendidikan, dapat diketahui bahwa pengembangan LMS PEDATI layak untuk di terapkan kepada mahasiswa, dan layak digunakan sebagai pendamping pembelajaran Bahasa Indonesia yang dipadukan dengan blended learning.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS Kartina Kartina; Akrom Akrom; Oman Farhurohman
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.5442

Abstract

Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengembangan Media pembelajaran Scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatul Mubtadiin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Model 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Produk diuji cobakan secara terbatas pada kelas IV MI Tarbiyatul Mubtadiin dengan sampel 9 siswa. Tahap validasi dilakukan oleh tiga validator ialah ahli media, ahli materi, dan guru. Ahli media memberikan presentase skor sebesar 88,3% dengan kategori “sangat layak” , ahli materi memberikan presentase skor sebesar sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak” guru memberikan presentase skor sebesar sebesar 94% dengan kategori “sangat layak” . selanjutnya hasil respons siswa terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal menunjukan skor 98% termasuk Respon “sangat baik”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI MELALUI TARIAN BENTANG BANTEN Yuli Fuji Aningsih; Fitri Hilmiyati; Fithri Meiliawati
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.5168

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan keterampilan gerak tari melalui tarian bentang Banten di kelas IV SDN Anyar 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Anyar 3 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes praktik kinerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni tari kreasi daerah dapat terlaksana dengan baik. Pada siklus I observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 68, pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai 95 dengan kualifikasi sangat baik, dan keterampilan gerak tari siswa melalui tari bentang Banten mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penilaian kinerja siswa dari prasiklus hingga siklus II. Nilai hasil rata-rata pada prasiklus yaitu 58, pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 69, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81. Selain itu, hasil presentase ketuntasan keterampilan gerak tari siswa pada prasiklus memiliki presentase 37%, siklus I memiliki presentase 58%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase 83%.
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Uvia Nursehah; Sastra Wijaya; Sopia Sopia
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.4699

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena motivasi belajar siswa kelas IV SDN Singapadu masih rendah. Hal ini disebabkan guru masih mendominasi pembelajaran, belum menstimulasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan belum mengaitkan materi IPA dengan kehidupan nyata atau lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Singapadu. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan tindakan dengan mengaplikasikan pembelajaran CTL terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kategogi motivasi belajar tinggi yaitu 30,55% (pra siklus) menjadi 75% (siklus I) dan selanjutnya menjadi 97,22 % (siklus II). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Singapadu.
PENGEMBANGAN MEDIA UPINCA (ULAR PINTAR CERIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA Ratu Fakhriyah Azzahra; Enung Nugraha; Mansur Mansur
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.5219

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung) siswa kelas II SDN Bakung Turus. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan media upinca dan 2) mengetahui keefektifan media upinca dalam meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media upinca. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, tes kemampuan calistung, observasi dan instrumen validasi pakar materi dan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : 1) media upinca memperoleh nilai kelayakan dari validator sebesar 91% dengan kategori sangat layak, 2) setelah diujicobakan pada siswa kelas II SDN Bakung Turus media upinca dapat meningkatkan kemampuan calistung siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai pre test 39,1 menjadi post test 80,8 dan 3) siswa memberikan respon yang sangat positif terhadap media upinca.
Pengaruh PMR Dirga Ayu Lestari; Baiq Arnika Saadati
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i2.5075

Abstract

Generasi yang harus disiapkan dalam menghadapi tantangan zaman di era digital ini adalah dengan menumbuhkembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan diantaranya ialah untuk mendapatkan segala solusi dalam kehidupan adalah bagaimana memecahkan berbagai persoalan kehidupan. Oleh karenanya, perlu adanya efesiensi penggunaan pendekatan pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran tersebut. Proses pembelajaran ini tidak lain adalah untuk memicu dan membentuk keterampilan berpikir tingkat tinggi yakni pemecahan masalah matematik pada peserta didik ditingkat madrasah ibtidaiyah (MI). Penggunaan pembelajaran matematika realistik (PMR) ini meniscayakan siswa mampu untuk berpikir tingkat tinggi yakni memiliki kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VI MI Mutaalimin Pandeglang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent kontrol-group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakuakn dengan teknik purposive sampling dengan kelas VI.A sebagai kelas Kontrol dan kelas VI.B sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian diperoleh melalui program SPSS 23. Penelitian ini memberikan informasi bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran PMR lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VI MI Mutaalimin Pandeglang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7